Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil Dengan Menggunakan Borland Delphi 6.0

Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil Dengan Menggunakan Borland Delphi 6.0 
Kemajuan dunia usaha yang semakin meningkat menimbulkan persaingan yang sangat ketat antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, misalnya pada perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi serta kebutuhan manusia dan industri yang membutuhkan alat transportasi merupakan salah satu yang mendorong bagi para produsen dan distributor di Indonesia untuk menjual kendaraan roda empat maupun roda dua.

Begitu juga dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini, maka mengharuskan kita untuk turut serta dalam mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan teknologi dapat membantu dalam menghasilkan suatu sistem informasi secara cepat, akurat, relevan dan tepat waktu, dimana informasi tersebut sangat dibutuhkan dalam berbagai sektor yang akan mendukung perkembangan di segala bidang dan dapat membantu dalam pemecahan masalah untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Sistem komputerisasi berbasis database merupakan salah satu bentuk pemanfaatan komputer untuk menghasilkan sebuah sistem informasi penjualan yang dapat mengelola data dan informasi yang dibutuhkan dengan lebih baik.

PT. Andalas Berlian Motor merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif penjualan mobil Mitsubishi. Perusahaan ini sudah memiliki sistem pengolahan data terkomputerisasi dan sudah mengembangkan jaringan usaha di bidang penjualan mobil Mitsubishi di berbagai daerah tanah air ini. PT. Andalas Berlian Motors pertama berdiri pada tanggal 10 Juni 1987 bertempat di Jl. Kapas Panji Km 3, Bukittinggi yang merupakan suatu perusahaan anak cabang dari Sumatera Berlian Motors Group (SBM Group). 

Selain untuk menjadi sebuah group perusahaan yang kuat dan termuka di antara dealer-dealer kendaraan Mitsubishi di Indonesia dengan melayani kebutuhan masyarakat akan fasilitas trasportasi kendaraan Mitsubishi, suku cadang dan pelayanan yang bermutu dengan harga yang terjangkau bagi pembeli. Salah satu cara yang efektif untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam semua kegiatan pegolahan data agar terkomputerisasi maka perlu dilakukan pergembagan sistem.

Sejauh pengamatan yang dilakukan oleh penulis, beberapa bagian pada PT. Andalas Berlian Motors Bukittinggi khususnya pada bagian service spart telah menggunakan sistem komputerisasi berbasis Oracle, namun pada bagian penjualan masih menggunakan Excel sebagai media pengolahan data, sehingga masih ditemukan beberapa kendala yang berpengaruh terhadap efektifitas kinerja sistem yang diterapkan, seperti pada sistem pengolahan data penjualan. Dalam pengolahan data administrasi penjualan mobil tunai/kredit masih dilakukan secara manual dimana sales administrasi harus melakukan pengolahan data dua kali yaitu pada transaksi penjualan tunai dan kredit sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membuat laporan penjualan dan laporan piutang relatif lebih lambat. Selain itu penyimpanan data masih dilakukan secara konvesional. Hal ini menjadi kelemahan sistem penyimpanan data seperti : arsip mudah hilang dan data sulit untuk dicari dikarenakan belum adanya sistem database dalam penyimpanan data dan penyajian informasi sehingga membutuhkan waktu yang lama serta membuat kerja menjadi kurang efektif dan efesien.

Batasan Masalah
Untuk lebih terarahnya penulisan dan pencapaian tujuan dari penulisan, maka penulis membatasi masalah hanya pada perancangan sistem informasi penjualan mobil pada PT. Andalas Berlian Motors Bukittinggi. Sistem informasi yang dikembangkan digunakan untuk mencatat transaksi penjualan tunai dan kredit, namun procedur pada penjualan kredit cukup banyak/kompleks. Dalam perancangan sistem ini tidak menggunakan procedur pembelian kredit, yang ada hanya sampai pembayaran dp. Karena pada angsuran pembayaran kredit customer terlibat langsung kepada lembaga keuangan yang telah ditetapkan oleh PT. Andalas Berlian Motors Bukittinggi.

 Rumusan Masalah
Berdasarkan pembahasan sebelumnya, penulis menghasilkan sebuah rumusan dari permasalahan yang ada yaitu sebagai berikut : “ Sistem pengolahan data penjualan mobil bagaimanakah yang dapat dikembangkan menjadi sistem komputerisasi berbasis database untuk dapat mengatasi kendala-kendala yang ada sehingga dapat menghasilkan sistem yang lebih efisien dan efektif ? ”.

Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dari Penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut : 
Untuk merubah sistem manual menjadi sitem komputerisasi yang berbasis database sehingga dapat menghasilkan sistem yang lebih efisien dan efektif. 
Untuk mendapat berbagai pengalaman dalam memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam dunia kerja. 

3. Untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama di bangku perkuliahan.

4. Untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan strata 1 di STMIK Indonesia.

Selain tujuan penelitian di atas, penelitian ini juga memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Meningkatkan aktifitas pekerjaan yang bervariasi dalam melakukan proses penjualan.

2. Dapat menambah ilmu & pengetahuan pembaca terutama dalam bidang perancangan sistem informasi penjualan.

Metode Penelitian

Selama proses pengamatan dan pengumpulan bahan dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan beberapa metode penelitian yaitu sebagai berikut :

1. Penelitian Lapangan (Field Research), penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung ke lapangan mengenai setiap aspek-aspek yang ingin diteliti. Dalam hal ini penulis melakukan proses pengumpulan data pada PT. Andalas Berlian Motors Bukittinggi.

2. Penelitian Perpustakaan (Library Research), penelitian ini dilakukan dengan cara membaca, menganalisa, menyimpulkan dan mengutip bacaan-bacaan yang berhubungan dengan aspek yang diteliti. Bacaan-bacaan yang dibutuhkan diperoleh dari perpustakaan STMIK Indonesia, Perpustakaan Daerah Sumatera Barat, dokumen-dokumen perusahaan dan sebagian dari Internet.

3. Penelitian Laboratorium (Laboratorium Research), penelitian ini dilakukan dalam hal pengujian sistem baru yang dirancang untuk menghindari kesalahan-kesalahan (sistem error) pada saat implementasi sistem. Dalam hal ini yang menjadi laboratorium adalah rumah penulis sendiri dengan spesifikasi satu unit komputer pentium IV dengan kapasitas memory 256 MB serta bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0 dan Mysql sebagai DBMSnya.

Sistematika Penulisan

 Bab I PENDAHULUAN 

Menguraikan tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, hipotesis, tujuan dan kegunaan penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.

Bab II LANDASAN TEORI

Berisi penjelasan mengenai teori-teori yang mendukung keterangan/uraian kalimat judul dan cara menganalisa permasalahan sistem yang sedang berjalan.

Bab III ANALISIS SISTEM 

Menjelaskan tentang analisis terhadap sistem yang sedang berjalan beserta kelebihan & kekurangannya dan menguraikan mengenai analisis sistem yang akan dirancang sebagai pengembangan sistem yang telah ada.

Bab IV PERANCANGAN SISTEM

Membahas mengenai rancangan sistem yang akan dirancang beserta komponen-komponen pendukungnya.

Bab V IMPLEMENTASI & HASIL SISTEM

Pada bab ini dibahas mengenai implementasi program serta output yang dihasilkan.

BabVI KESIMPULAN DAN SARAN

Berisi Kesimpulan dari penulisan dan saran-saran dari penulis

, , , ,

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Unknown // 23.39

0 komentar:

Posting Komentar