SENI DESAIN DALAM BIDANG OTOMOTIF

SENI DESAIN DALAM BIDANG OTOMOTIF 


                                                                   Abstrak

Seni desain otomotif yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk desain dan tanpa kita sadari modif-modif ini memiliki perananan dalam membentuk pribadi kita.seperti halnya para ilmuan telah meneliti bahwa sebagian modifikasi dapat meningkatkan kemampuan emosional kita. Namun, modifikasi juga memiliki dampak yang negatif. yang sebaiknya kita lakukan yaitu memaksimalkan dampak positif modifikasi dengan saling bertukar pendapat dan saling tolong menolong antar sesama dan memperat tali persaudaran antar sesama anak modifikasi.

Kata kunci : Otomotif,mesin,mobil,motor,bensin,disel,injection 

A. Gambaran umum 
Otomotif merupakan alat transpotasi yang biasa sering kita dengae dengan kendraan,seperti mobil dan motor.ia juga sangat dibutuhkan oleh manusia untuk kepentingan pribadi seperti kerja,sekolah,kuliah,dan lain-lain. Lalu berpakah penting seni desain bagi manusia?

B. Seni otomotif dalam keuangan manusia
Seni otomotif bisa menjadi kekuatan postif bagi manusia yang hobbi mengmodifikasi kendaraanya. Hal ini berlaku untuk orang dewasa dan remaja yang gemar memodifikasi kendaraanya,seni otomotif dapat menyampaikan seni dan gagasan dari modifikasi tersebut dimana yang kita lihat itu berseni dan ada maknanya.modifikasi bermanfaat juga bagi orang seniman dimana seniman itu bisa mengrafis dan mendesain mobil atau motor yang orang tua dan remaja modifikasi tersebut.

C. Manfaat seni desain dalam bidang otomotif 
Seni desain dalam bidang otomotif berpengaruh pada perkembangan otomotif

Dimana pemodifikasi mobil dan motor saling sharing atau bertukar pendapat apa kekurangan dan mobil mereka dari onderdil dan mesin mereka masing-masing.apa kelebihan dan kekuranganya mereka pasti saling mengetahui dan saling bertukran pendapat yang baik dan yang menguntungkan bagi mereka.anak modif juga sangat baik disamping bertukran pendapat mereka juga saling silahturahmi antar club modifikasi mereka masing-masing.

D. Dampak seni desain dalam bidang otomotif

Dampak positif :
Dari beberapa kalangan anak modif mereka sangat senang dalam bertukar pendapat modifikasinya mana yang baik dan mana yang benar,dimana modifikasi itu juga ada contes disitu mereka saling berlomba yang terbaik memodif dan membanggakan nama sendiri dan nama bengkel terutama.ikut contes juga dapat menambah wawan dalam otomotifbila kita juara,kita mendapakan uang dan piala disitu menjadi kebanggan tersendiri dan orang lain,karna kita berhasil memodif dan perjuangan uang yang kitakeluarkan tidak sia-sia kita pun senang rasanya. Selain contes kita meraka juga saling membatu atau saling tour bersama antar club mereka juga mengumpulkan dana sosial bagi warga yang kurang mampu atau tidak mencukupi kehidupan mereka kita mampir dan memberi bantuan untuk mereka dimana itu berpahala itu juga sangat membantu mereka yang membutuhkannya.

Dampak negatif :
Dampak negatif yang pertama bagi modifikasi yaitu,bisa menghabiskan uang degan cepat, karna modifikasi itu perlu biaya yang sangat banyak dimana modifitu perluasesoris untuk memperindah kendaraan mereka saat dipandang atau dilihat oleh orang lain.modfikasi juga sangat membuang waktu kita dengan keluarga karna kita saling kumpul dengan club kita juga pasti sering pulang malam hari.disamping itu anak club modifikasi banyak yang suka balap liar,dan minum-minuman jika mereka sering kumpul dengan club club lain.kebanyakan anak modifikasi juga sangat kurang perhatiaan orang tua.

E. PENGERTIAN OTOMOTIF
Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalamperkembangannya, mobilsemakinmenjadialattransportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem.

F. Istilah Dalam Dunia Otomotif
1. Over head valve (OHV), yaitukonstruksi motor (bisabensinmaupundisel) yang menempatkan valve (klepmasukdanklepbuang) pada cylinder head. Padakonstruksi yang terdahuludimanaposisi valve pada crank case (motor blok), makakonstruksi crank case menjadirumitkarenasemuakomponenseperti crankshaft, piston dan connecting rod; camshaft, tappet dan valve; intake manifold danexhaoust manifold, semuanya ada pada crank case, sedangkanpada cylinder head tidakterdapatkomponen motor satupun. Denganmenempatkan valve pada cylinder head, makaposisi intake manifold danexhaoust manifold dapatdipindahkandari crank case keclinder head, namununtukmenggerakkan valve/kelepdibutuhkankomponentambahanberupa push rod dan rocker arm.

2. Capacytor Discharge Ignition (CDI), Yaitu sistim pengapian pada motor bensin yang menggunakan sistim electronik (tidakmenggunakanplatina). Agar yang diperlukan pada proses pembakaran harus mencapai + 10.000 volt, sedangkan tegangan dari akihanya 12 volt. Untuk meningkatkan tegangan tersebutdigunakan coil. Didalam coil terdapat dua buah kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Aruslistrik dari aki dialirkan kekumparan primer dan interuptor. Apabila arus listrik pada kumparan primer diputus olehin teruptor, maka akanterjadi induksi pada kumparan sekunder dan timbul arus listrik dengan tegangan yang mencapai 10.000 volt sehingga mampu menimbulkan bunga apipada busi yang diperlukan untuk proses pembakaran. Dulu fungsi interuptorini dilakukan secara mekanis oleh platina yang dibuka tutup oleh nok. Untuk mencegah timbulnya bunga api pada platinaitusendiri, maka dipasang condensorparalel dengan platina. Sistim platina ini kurang efektif pada putaran kerja tinggi.
Pada motor bensin modern (mulaitahun 1985) penggunaan platina sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan sistim CDI, yaitu rangkaian electronic yang berfungsi untuk memutuskan arus primer pada coil agar supaya timbula russekunder dengan tegangan 10.000 volt padabusi yang diperlukan untuk pembakaran. Karena pemutusan aruslistrik tanpak ontak langsung secara mekanis maka efektifitas pemutusan arus listrik pada semua putaran kerja motor dapat berlangsung dengan sempurna sehingga bunga api pada busi dapat terjadi dengan stabil pada semua putaran kerja dan pada akhirnya proses pembakaran dapat berlangsung dengan efektif.

3. Fuel injection, Yaitu sistim pencampuran bahan bakar dengan udara pada motor bensin dengan cara menggunakan pompa yang menginjeksikan (menyemprotkan) bahan bakar kedalam intake manifold melalui injector. Sistim yang mulai popular sejak tahun 1990-an ini menggantikan sistim lama, dimana pencampuran bahan bakar dengan udara dilakukan oleh karburator.
Keuntungan sistimini adalah akura siperbandinganan tarabahan bakar dengan udara lebih terjamin sehingga proses pembakaran dapat berlansung dengan sempurna, efisiensi meningkat dan emisi gas buang lebih rendah. Kerugiannya adalah bahwa pada proses pencampuran tersebut diperlukan enersilistrik dari aki untuk menggerakkan pompa injeksi dan membuka injector, sedangkan pada sistim karburator tidak diperlukan energy sama sekali karena bahan bakar bercampur dengan udara karena terhisap oleh udara yang masuk kedalamsilinder. Saat inisistim fuel injection ini telah berkembang menjadi Multi point injection (MPI), yaitu tiap silinder mempunyai injector sendiri-sendiri sehingga akurasi campuran bahan bakar dengan udara pada tiap-tiap silinder lebih terjamin.

G. Kesimpulan 
Otomotif turut berperan penting dalam kehidupan manusia,seperti halnya modifikasi dapat digunakan untuk bertukar pendapat mdifikasi juga saling uji atau berlomba-loma meperindah alat transpotasi mereka masing-masing. Bahkan modifikasi dapat memperat tali persaudaran dan saling tolong menolong antar sesama manusia terutama club modifikasi.cara kita memodifikasi juga sebenarnya banyak dampak postif dibandingkan negatifnya,tergantung dari diri kita masing-masing, kita kan tau mana yang benar dan mana yang tidak benar,dan mana yang bole di ikuti dan mana yang tidak bole di ikuti.

,

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Unknown // 18.54

0 komentar:

Posting Komentar